Jika Anda sedang berjualan barang elektronik, maka sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara packing barang elektronik yang benar. Pasalnya barang elektronik sendiri sangat beresiko tinggi dan bisa mudah pecah, berbeda dari yang lainya.

Oleh karena itu sedari awal sebelum mengirim barang tersebut sebaiknya packing dahulu dengan cara yang benar. Tujuannya adalah supaya barang yang disimpan tersebut tidak mudah rusak dan tahan terhadap goncangan.

Jangan hanya mengandalkan tukang kurir saja, sebab terkadang ia hanya menerima barang milik Anda saja untuk dikirim. Ya meskipun ada juga yang tidak, namun sebaiknya membungkus barang sendiri lebih aman karena kita tahu bagaimana caranya.

Begini Cara Packing Barang Elektronik Supaya Tidak Mudah Pecah


Di zaman yang serba modern dan canggih ini, banyak orang yang sudah mulai berbelanja dengan cara online. Bahkan saat ini telah banyak toko-toko besar maupun perorangan yang sudah membuka toko mereka sendiri.

Dalam hal seperti ini, maka penyedia jasa pengiriman barang itu sangat penting dan dibutuhkan guna menunjang semua itu. Tanpa keberadaannya kita tidak bisa mengirim paketan berupa barang untuk dikirim ke daerah yang sangat jauh.

Selain itu faktor keamanan merupakan hal sangat penting yang harus menjadi perhatian khusus, terutama untuk jenis barang elektronik. Pasalnya barang elektronik sendiri termasuk ke dalam jenis barang ringkih alias mudah rusak jika terkena benturan.

Oleh sebab itu, membungkus atau packing barang elektronik harus benar-benar sesuai supaya barang tersebut tetap aman sampai tujuan. Lalu bagaimana caranya supaya bisa aman? Berikut penjelasannya!

Sesuaikan dengan Ukuran Paket


Cara packing barang elektronik langkah pertama yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai ukuran barang tersebut. Ukuran paket ini adalah sebelum pengemasan, sebaiknya cocokkan dahulu ukuran barang dengan kardus yang akan digunakan.

Apabila ukuran kardus lebih besar daripada barang elektronik tersebut, sebaiknya masukkan juga beberapa koran untuk mengisi pada bagian yang kosong. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan supaya barang di dalam kardus tidak bergoncang dan terjamin keamanannya.

Pasalnya jika di dalam kardus tersebut terdapat ruangan yang masih sedikit kosong, maka kardus akan lebih mudah robek jika berhimpitan dengan barang di kardus lain. Oleh sebab itu, jika ukuran kardus lebih besar sebaiknya isi ruangan yang kosong agar pas .

Gunakan Bubble Wrap


Cara packing barang elektronik yang kedua adalah dengan menggunakan
bubble wrap atau sejenis gelembung-gelembung plastik. Bubble wrap sendiri sangat berfungsi untuk menahan barang supaya tetap aman meskipun terjadi benturan ketika proses pengiriman.

Sehingga penerima barang tersebut akan menerima barang pesanannya dengan kondisi yang aman dan tidak ada kerusakan sama sekali. Biasanya barang-barang elektronik tersebut meliputi seperti tablet, smartphone, laptop dan masih banyak lagi.

Sebab semua barang-barang seperti ini harus membutuhkan pengamanan yang ekstra supaya barang tersebut tetap terjaga keamanannya. Bahkan semakin banyak Anda melapisinya dengan bubble wrap, maka akan semakin baik pula barang yang disimpan dalam kardus tersebut.

Memanfaatkan Styrofoam


Hampir sama seperti
bubble wrap, cara packing barang elektronik juga bisa dilapisi pula menggunakan styrofoam. Pasalnya styrofoam sendiri memiliki sifat yang empuk dan bisa mengurangi kerusakan jika terjadi benturan pada barang elektronik tersebut.

Selain itu styrofoam sendiri juga memiliki ukuran yang lebih besar lagi dan dengan bentuk dan sangat kokoh. Sehingga Anda bisa menggunakannya sebagai salah satu cara terbaik untuk membungkus atau melapisi barang tersebut.

Nah, semua tinggal pilihan Anda sendiri, mau pilih bubble wrap atau styrofoam saja dan tidak harus menggunakan keduanya bersama-sama. Memang keduanya sama-sama mampu melindungi dari adanya suatu benturan ketika sedang pengiriman paket.

Kemaslah Serapi Mungkin


Setelah Anda sudah mengemas barang pada bagian dalam kardus dengan rapi, cara packing barang elektronik selanjutnya adalah mengemas pada bagian luar. Ini bisa Anda lakukan dengan cara menggunakan peralatan misalnya seperti lakban maupun isolasi.

Caranya juga sangat mudah, Anda hanya cukup mengisolasi pada bagian luar kadur tersebut serapi mungkin. Jangan sampai ada celah atau bagian yang bisa membuat barang tersebut keluar.

Nah dengan mengisolasi semua permukaan karud tersebut, maka juga akan mengurangi kemungkinan jika kardus tersebut terkena air saat pengiriman. Karena memang sangat berbahaya apabila barang elektronik tersebut terkena air karena bagian luar kardus tidak dilapisi menggunakan isolasi.

Gunakan Peti Kayu


Untuk pengiriman paket dengan ukuran besar seperti Home Theater, TV, laptop maupun
sound system, maka bisa menggunakan peti kayu. Cara packing barang elektronik jika menggunakan peti kayu maka keamanan akan selalu terjamin berkat perlindungan dari peti tersebut.

Anda bisa menggunakan peti kayu tersebut sesuai dengan ukuran barang dan kardus untuk menyimpan barang elektronik tersebut. Namun terkadang Anda akan menambah ongkos kirimnya apabila menggunakan peti kayu tersebut.

Meski demikian jika menggunakan peti kayu, maka keamanan dan keselamatan barang elektronik akan selalu terjaga sampai ke tujuannya. Sebelum menggunakannya, ada baiknya juga jika Anda berdiskusi dahulu kepada pelanggan Anda mengenai penggunaan peti kayu tersebut.

Namun peti kayu sendiri memang perlu menjadi bahan pertimbangan lagi untuk memacking barang elektronik. Sebab sifat dari peti kayu tersebut sangat kuat dan menjamin keamanan pada barang yang disimpan didalamnya.

Memberi Label “Barang Mudah Pecah”


Apabila semua tahapan di atas sudah Anda selesaikan, selanjutnya cara packing barang elektronik adalah dengan memberi label atau peringatan. Biasanya mengenai peringatan berupa label dengan tulisan “Barang Mudah Pecah”

Pasalnya ini adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar pengirimnya lebih berhati-hati lagi ketika akan mengirim paket tersebut. Banyak jasa pengiriman barang yang biasanya sudah memberikan layanan berupa penempelan stiker seperti ini.

Namun tidak semuanya begitu, maka dari itu Anda juga bisa menempelnya sendiri untuk berjaga-jaga jika jasa pengirim tidak bisa menempelnya sendiri. Sehingga barang elektronik milik Anda yang akan dikirim ke pelanggan akan aman selama pengiriman barang.

Gunakan Jasa Pengirim Profesional dan Terpercaya


Langkah yang terakhir adalah dengan memilih jasa pengiriman barang atau tukang kurir yang terpercaya dan bisa diandalkan. Untuk mengetahuinya sebaiknya Anda cari tahu terlebih dahulu mengenai layanan yang diberikan oleh jasa tersebut.

Di internet sendiri sudah banyak jasa yang menawarkan layanan tersebut, nah jadi Anda bisa melihat testimoni dari para pelanggan yang sudah menggunakannya. Jika banyak komentar yang positif itu artinya jasa tersebut memiliki layanan yang baik, begitu juga sebaliknya.

Jika Anda masih bingung, maka Anda bisa memilih layanan dari Lionel Cargo. Ini merupakan salah satu perusahaan jasa pengiriman barang-barang kategori apa saja tanpa batas yang bisa Anda pilih.

Setelah Anda tahu bagaimana cara packing barang elektronik tersebut, sekarang saatnya Anda memilih layanan kami di Lionel Cargo tersebut. Dengan harga murah dijamin akan membuat Anda maupun calon pelanggan lain merasa puas.

Baca juga :  Jasa Kirim Motor Antar Pulau Murah & Terpercaya
PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com