Jasa pengiriman paket cairan saat ini banyak pilihannya. Perusahaan jasa ekspedisi di Tanah Air memang sudah berkembang semakin banyak. Hal itu mengingat akan kebutuhan pengiriman barang yang kian meningkat.

Dengan adanya jasa pengiriman, maka mengirim barang kini semakin mudah. Mengirimkan barang dari suatu daerah ke daerah lain secara cepat dan dijamin aman. Namun, perlu diketahui ada beberapa jenis paket tertentu yang biasanya tidak diterima oleh jasa pengiriman. Seperti halnya jenis paket yang berupa cairan.

Layanan Jasa Pengiriman Paket Cairan

Tidak semua jasa ekspedisi menawarkan layanan paket cairan. Hal itu karena pengiriman paket cairan nantinya akan menimbulkan banyak masalah dan risiko. Sehingga dapat menyebabkan kerugian dan membahayakan barang kiriman lainnya.

Paket cairan termasuk barang yang istimewa untuk dunia ekspedisi. Memang tidak mudah mengirim paket cairan ke tempat yang jaraknya jauh. Adanya goncangan menjadi salah satu kekhawatiran tersendiri. Kemungkinan akan menyebabkan paket cairan tersebut tumpah, rusak, dan meledak.

Sebagian orang mengungkapkan apabila cukup sulit mencari tempat pengiriman paket cairan. Hal itu karena banyak mengandung risiko. Seperti halnya paket mudah sekali tumpah apabila ada goncangan selama pengiriman berlangsung.

Merasa kesulitan dalam hal packing atau pengemasan. Memang harus memastikan kemasan paketnya, agar bahan tersebut tidak tumpah, merembes atau terciprat ke paketan lain. Paket cairan bersifat mudah pecah, terlebih untuk penggunaan wadah kaca.

Paket mudah menguap, bahkan juga dapat menyebabkan ledakan dan kebakaran. Apabila mengandung bahan kimia tertentu dan berbau menyengat, dapat mengganggu orang di sekitarnya. Beberapa hal tersebut yang menjadikan jasa ekspedisi terkadang tidak menerima layanan pengiriman paket cairan.

Baca juga :  Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang Cair dengan Tips Packing yang Tepat

Inilah Beberapa Tips Mengirim Paket Berbentuk Cairan

Apabila mengirim paket cairan, terkadang menimbulkan banyak masalah dan risiko kerugian. Namun Anda juga dapat mencegahnya dengan mempelajari pengemasan paket cairan yang aman. Untuk memastikan paket cairan akan sampai tempat tujuan dengan selamat, berikut ini cara mengirim paket cairan yang perlu Anda ketahui.

Memilih Ekspedisi yang Menyediakan Layanan Kirim Paket Cairan

Tidak semua ekspedisi di Tanah Air menyediakan layanan pengiriman paket cairan. Kebanyakan jasa ekspedisi hanya menerima paket reguler. Seperti halnya benda padat, baju, tas, sepatu, dan yang lainnya. Penolakan terhadap barang cair memang dikarenakan adanya risiko yang tinggi. Terlebih paket cairan yang isinya bahan kimia atau sejenisnya.

Cairan tersebut termasuk kategori istimewa dari ciri khas dan harganya akan lebih mahal. Sebaiknya memilih ekspedisi yang melayani pengiriman paket cairan dan terjamin kepercayaannya. Anda dapat mencari jasa cargo murah melalui situs pencarian. Selain itu, juga dapat bertanya dengan orang-orang terdekat.

Memberikan Informasi Data Jenis Cairan

Anda sebaiknya memberitahukan petugas jasa pengiriman paket cairan yang akan dikirim mengenai karakteristik dan jenis benda cairnya. Hal itu agar nantinya memperoleh perlakuan dan perhatian khusus saat akan dikirim. Terlebih apabila paket cairan tersebut merupakan cairan kimia yang sifatnya mudah menguap atau terbakar.

Packing Paket Cairan Sesuai Karakteristiknya

Anda perlu mengetahui karakteristik dari paket cairan yang akan dikirimkan. Hal itu tentunya berbeda antara minyak dengan cat air, kecap dengan sirup, sabun cair dengan larutan kimia, dan yang lainnya. Masing-masing paket cairan memiliki perlakuan yang berbeda.

Apabila paket cairan tersebut sudah dikemas dalam kemasan plastik, seperti halnya minyak kemasan, kecap kemasan, dan sabun cair, maka biasanya akan dikemas lagi dalam kardus atau karton bila pengirimannya dalam jumlah banyak. Kemudian dari kemasan karton, Anda lapisi dengan bubble trap. Hal itu agar menghindari dari terjadinya benturan.

Baca juga :  Cara Packing Barang Elektronik Agar Tidak Mudah Pecah dan Rusak

Apabila menginginkan yang lebih kuat dan tahan banting, jasa pengiriman paket cairan menyarankan melapisinya lagi dengan packing kayu. Perlakuan serupa juga berlaku pada paket cairan yang dikemas dengan botol kaca atau botol plastik. Untuk paket cairan dengan botol kaca diberikan pengemasan khusus agar lebih aman.

Saat mendata ke bagian administrasi ekspedisi, perlunya menjelaskan pada petugas tentang karakteristik paket cairan yang Anda kirimkan. Sehingga jasa pengiriman akan lebih berhati-hati saat memperlakukan paket tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa nantinya semua paket akan dikumpulkan dalam satu gudang sebelum pengiriman. Sering kali paket tersebut ditumpuk untuk menghemat ruangan penyimpanannya.

Memberikan Tanda Khusus

Anda juga perlu memberikan tanda khusus, seperti fragile atau handle with care. Dengan adanya keterangan tersebut, untuk memberitahukan jasa pengiriman paket cairan. Hal itu agar dapat memperlakukan paket cairan tersebut dengan baik.

Manfaatkan Layanan Asuransi Pengiriman

Pada beberapa layanan pengiriman juga memiliki asuransi untuk paket yang dinilai cukup berisiko. Anda dapat memanfaatkan layanan asuransi pengiriman barang ini untuk mengganti kerugian apabila sewaktu-waktu paket mengalami kerusakan saat proses pengirimannya. Paket yang diasuransikan ini biasanya akan diganti senilai harga paket yang tertera pada bagian resinya.

Pertimbangkan Lamanya Waktu Pengiriman

Estimasi waktu pengiriman juga menjadi hal yang harus Anda pertimbangkan saat akan mengirimkan paket cairan. Beberapa paket cairan, seperti larutan kimia cenderung mudah menguap atau meledak, apabila disimpan dalam tempat tertutup atau panas terlalu lama.

Sebaiknya memilih paket expres dengan estimasi waktunya tidak terlalu lama, sekitar 2 sampai 3 hari. Untuk menjaga paket tetap utuh dan penerimanya lebih tenang apabila paket datang lebih cepat.

Pertimbangan Harga Pengiriman Paket Cairan

Hal yang terkadang menjadi kendala yaitu saat jasa pengiriman paket cairan menerapkan harga berbeda. Biasanya ekspedisi menetapkan batas minimal harganya menurut jenis dan berat cairan. Selain itu, jauhnya pengiriman menjadi pengaruh akan harganya.

Baca juga :  Jasa Pengiriman Barang Sehari Sampai, Cepat Tanpa Ribet

Beberapa ekspedisi menetapkan harga yang berbeda pada paket cairan. Hal itu karena perlakuan dan armada yang digunakan memang dibedakan. Apabila harga pengiriman terlalu mahal, bahkan lebih mahal dari harga barangnya, sebaiknya Anda memikirkannya dahulu dengan matang.

Pertimbangkan Jalur Pengiriman

Tidak semua paket yang akan dikirimkan melalui jalur darat. Apabila jarak tempuhnya cukup jauh atau antar pulau, namun tidak ada jalur darat untuk mencapainya, maka diperlukan transportasi jalur laut atau udara untuk mengirimkannya. Biasanya jasa pengiriman memiliki armada jalur darat tersendiri yang ditanganinya sendiri.

Namun, untuk jalur laut dan udara masih jarang yang memiliki armadanya sendiri. Sebagian besar jasa pengiriman paket cairan masih bergantung pada pihak kedua. Anda harus berhati-hati dan bersiap untuk menanggung risikonya. Meskipun ada jaminan atau asuransi keutuhan paket dari jasa pengiriman, bukan berarti paket cairan yang Anda kirimkan akan sampai dengan utuh.

Terkadang kerusakan atau kehilangan paket terjadi karena ulah oknum yang tidak bertanggung jawab. Sebaiknya memilih ekspedisi yang memiliki armada di semua jalur atau yang memang dapat dipercaya. Sehingga Anda akan merasa lebih tenang.

Untuk itu, Anda perlu memilih jasa pengiriman yang menerima layanan paket berupa cairan. Pastikan untuk menggunakan jasa pengiriman Lionel Cargo. Bagi Anda yang saat ini sedang mencari jasa pengiriman paket cairan via udara terbaik dan terpercaya, Anda berada di tempat yang tepat. Lionel Cargo siap membantu. Paket cairan akan sampai ke tempat tujuan dengan aman dan selamat. Klik tombol dibawah untuk info selengkapnya.

 

WA Lionel Cargo

 

 

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com