Kontainer 40 Kaki vs 20 Kaki, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Kontainer 40 Kaki vs 20 Kaki, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Kontainer 40 Kaki vs 20 Kaki, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Ditulis Oleh : admincargo

Blog | Informasi

w

0 Komentar

Nov 10, 2023

Kontainer kargo adalah tulang punggung industri pengiriman. Mereka memungkinkan barang diangkut dengan aman dari satu tempat ke tempat lain di seluruh dunia. Saat memikirkan kontainer pengiriman, dua pilihan yang sering muncul adalah kontainer 40 kaki dan 20 kaki. Kedua jenis container tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihan yang tepat tergantung pada jenis barang, rute pengiriman dan kebutuhan logistik yang akan Anda kirim. Artikel ini akan membahas perbedaan antara kontainer 40 kaki dan 20 kaki serta kapan harus menggunakannya.

Kontainer 20 Kaki

Kontainer 20 kaki adalah salah satu tipe kontainer paling umum yang digunakan dalam industri pengiriman kargo. Ini adalah pilihan yang sering digunakan untuk mengangkut barang-barang yang lebih sedikit, terutama jika barang tersebut berat. 

  • Ukuran Eksternal: Panjang 19 kaki 10 inci; Lebar 8 kaki; Tinggi 8 kaki 6 inci [panjang 6,05 m; lebar 2,44m; tinggi 2,59m]
  • Ukuran Internal: Panjang 19 kaki 4 inci; lebar 7 kaki 8 inci; Tinggi 7 kaki 10 inci [panjang 5,90 m; lebar 2,35m; tinggi 2,39m]
  • Ukuran Pintu Pembuka: Lebar 7 kaki 8 inci; Tinggi 7 kaki 6 inci [lebar 2,34 m; tinggi 2,29m]
  • Berat: 4.960 lbs tara; Beban maksimal 62.240 lbs [2.250 kg tara; beban maksimum 28.230 kg]

Kelebihan dan Kekurangan Kontainer 20 Kaki

Kelebihan Kontainer 20 Kaki:

  1. Ukuran yang Ideal: Kontainer 20 kaki memiliki ukuran yang ideal untuk barang-barang yang lebih kecil atau berat. Mereka sering digunakan untuk mengangkut barang-barang yang padat, seperti logam atau bahan bangunan.
  2. Ketersediaan yang Tinggi: Kontainer 20 kaki biasanya lebih mudah ditemukan dan tersedia di berbagai pelabuhan dan fasilitas pengiriman di seluruh dunia.
  3. Biaya yang Lebih Rendah: Penggunaan kontainer 20 kaki dapat menghasilkan biaya pengiriman yang lebih rendah daripada kontainer 40 kaki. Ini membuatnya menjadi pilihan yang lebih ekonomis untuk pengiriman barang dalam jumlah yang sedikit.
  4. Fleksibilitas: Kontainer 20 kaki lebih fleksibel dalam hal kemampuan manuver. Mereka dapat dimuat dan dibongkar dengan lebih mudah di pelabuhan dengan ruang terbatas.

Kekurangan Kontainer 20 Kaki:

  1. Kapasitas Terbatas: Salah satu kekurangan utama kontainer 20 kaki adalah kapasitas terbatasnya. Mereka mungkin tidak cukup besar untuk mengangkut barang dalam jumlah besar atau barang yang besar-besar.
  2. Rasio Biaya per Barang: Meskipun biaya pengiriman total lebih rendah, rasio biaya per barang dapat menjadi lebih tinggi daripada kontainer 40 kaki jika Anda mengirimkan barang dalam jumlah besar.
  3. Pembatasan Ruang: Kapasitas terbatas dapat menjadi kendala saat Anda mengirim barang dalam jumlah besar yang memerlukan lebih banyak ruang.

Kontainer 40 Kaki

Kontainer 40 kaki adalah salah satu jenis kontainer yang lebih besar dan biasanya digunakan untuk mengangkut barang dalam jumlah banyak atau barang yang lebih besar seperti mesin industri dan kendaraan. 

  • Ukuran Eksternal: Panjang 40 kaki; Lebar 8 kaki; Tinggi 8 kaki 6 inci [panjang 12,19 m; lebar 2,44m; tinggi 2,59m]
  • Ukuran Internal: Panjang 39ft 6in; Lebar 7 kaki 8 inci; Tinggi 7 kaki 10 inci [panjang 12,04 m; lebar 2,35m; tinggi 2,39m]
  • Ukuran Pintu Pembuka: Lebar 7 kaki 8 inci; Tinggi 7 kaki 6 inci [lebar 2,34 m; tinggi 2,29m]
  • Berat: 8.333 lbs tara; Beban maksimal 58.863 lbs [3.780 kg tara; beban maksimum 27.600 kg]

Kelebihan dan Kekurangan kontainer 40 kaki

Kelebihan Kontainer 40 Kaki:

  1. Kapasitas Besar: Kontainer 40 kaki menawarkan kapasitas yang jauh lebih besar daripada kontainer 20 kaki. Mereka ideal untuk mengangkut barang dalam jumlah besar.
  2. Efisiensi Biaya: Meskipun biaya pengiriman total mungkin lebih tinggi, rasio biaya per barang biasanya lebih rendah saat menggunakan kontainer 40 kaki untuk pengiriman volume tinggi.
  3. Penyimpanan Barang yang Aman: Kontainer 40 kaki sering digunakan untuk mengangkut barang yang memerlukan perlindungan ekstra dan penyimpanan yang aman, seperti barang-barang yang memiliki nilai tinggi.
  4. Kemampuan Konsolidasi: Kontainer ini memungkinkan untuk mengkonsolidasikan barang dari beberapa pengirim ke tujuan yang sama dalam satu kontainer.

Kekurangan Kontainer 40 Kaki:

  1. Biaya Pemuatan dan Bongkar: Memuat dan membongkar kontainer 40 kaki biasanya memerlukan peralatan berat dan lebih banyak tenaga kerja, yang dapat meningkatkan biaya operasional.
  2. Membutuhkan Ruang Lebih: Kontainer 40 kaki memerlukan lebih banyak ruang di pelabuhan dan fasilitas pengiriman. Ini mungkin menjadi masalah di pelabuhan yang padat atau dengan fasilitas yang terbatas.
  3. Tidak Ideal untuk Barang Berat: Kontainer 40 kaki mungkin bukan pilihan terbaik untuk mengangkut barang yang sangat berat. Jika barang-barang tersebut memiliki berat yang sangat besar, penggunaan kontainer khusus seperti kontainer flat rack mungkin lebih sesuai.

Kapan Harus Menggunakan Kontainer 20 Kaki atau 40 Kaki?

Pemilihan antara kontainer 20 kaki dan 40 kaki tergantung pada sejumlah faktor, di antaranya:

  1. Jumlah Barang: Jika Anda mengirim barang dalam jumlah kecil, seperti barang komersial kecil atau bahan berat, kontainer 20 kaki mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.
  2. Volume Pengiriman: Jika Anda mengirim barang dalam jumlah besar, seperti barang-barang yang akan dijual di seluruh dunia, maka kontainer 40 kaki lebih efisien dan ekonomis.
  3. Ruangan di Pelabuhan: Anda juga harus mempertimbangkan ketersediaan ruang di pelabuhan atau fasilitas pengiriman. Beberapa pelabuhan mungkin lebih cocok untuk kontainer 40 kaki, sementara lainnya lebih bersahabat dengan kontainer 20 kaki.
  4. Jenis Barang: Jenis barang yang Anda kirim juga penting. Kontainer 40 kaki lebih cocok untuk barang besar, seperti mesin atau kendaraan. Sementara kontainer 20 kaki dapat digunakan untuk barang yang lebih ringan, tetapi masih memerlukan ruang yang lebih besar daripada yang tersedia di dalam truk atau mobil.
  5. Biaya dan Anggaran: Pertimbangkan anggaran untuk pengiriman Anda. Kontainer 20 kaki mungkin dapat menghemat biaya pengiriman, tetapi tidak cocok untuk semua jenis barang.
  6. Kecepatan Pengiriman: Jika Anda membutuhkan pengiriman yang lebih cepat, kontainer 20 kaki dapat mempercepat proses pengiriman karena lebih mudah dimuat dan dikosongkan.

Pilihlah Ukuran yang Sesuai dengan Kebutuhan

Kontainer 20 kaki dan 40 kaki, keduanya memiliki peran penting dalam industri pengiriman kargo. Pemilihan yang tepat tergantung pada jenis barang, volume pengiriman, ruang di pelabuhan, dan anggaran yang Anda miliki. Menganalisis kebutuhan Anda dengan cermat dan bekerja sama dengan penyedia logistik atau ekspedisi, akan membantu Anda memilih kontainer yang paling cocok untuk pengiriman Anda.

Tentunya Anda dapat memilih jasa Lionel Cargo jika Anda masih merasa ragu dengan kebutuhan Anda. Lionel Cargo memungkinkan Anda untuk berkonsultasi dan menemukan solusi terbaik dan efisien untuk setiap pengiriman yang Anda lakukan.

Baca juga :  Meningkatkan Efisiensi Bisnis UMKM dengan Layanan Logistik Terpercaya dari Lionel Cargo

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *