Yuk Ketahui Pengertian Freight Forwarder Dan Jenisnya - Lionel Cargo

Yuk Ketahui Pengertian Freight Forwarder Dan Jenisnya

Yuk Ketahui Pengertian Freight Forwarder Dan Jenisnya

Ditulis Oleh : admincargo

Informasi

w

0 Komentar

Jun 16, 2023

Layanan Freight Forwarder juga dikenal sebagai Bisnis Jasa Manajemen Transportasi. Jasa ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang yang dilakukan secara keseluruhan. Jenis kegiatan yang termasuk dalam pelayanan tersebut sangat erat kaitannya dengan penyelenggaraan penerimaan dan pengiriman barang melalui jalur transportasi darat, udara dan laut.

Mengenal Jasa Freight Forwarder

Freight Forwarder adalah salah satu jenis usaha atau bisnis yang bergerak di bidang logistik, khususnya jasa pengiriman. Bagi para pebisnis atau pelaku bisnis, kehadiran perusahaan jenis ini tentunya memberikan banyak manfaat bagi usahanya.

Karena layanan yang diberikan oleh bisnis Freight Forwarding tentu akan membuat pengiriman produk bisnis menjadi praktis dan efisien. Lalu apa keuntungan memiliki bisnis yang satu ini bagi perusahaan dalam pengiriman produknya? Dan apakah freight forwarding sama dengan jasa pengiriman pada umumnya? Untuk menjawabnya, mari kita simak lebih dalam pembahasan mengenai Freight Forwarding dibawah ini.

Pengertian Dan Jenis Freight Forwarder

Penjelasan tentang jenis usaha ekspedisi atau pengiriman barang sendiri telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 49 Tahun 2017 Pasal 1 angka 15. Dijelaskan bahwa usaha ini merupakan jasa pengurusan transportasi yang kegiatannya ditujukan untuk semua kegiatan diperlukan untuk pengiriman dan penerimaan barang.

Pengiriman ini sendiri dapat dilakukan dengan transportasi darat, kereta api, laut dan/atau udara. Perusahaan yang menyediakan jasa Freight Forwarding selanjutnya disebut sebagai forwarder.

Fokus perusahaan ini sendiri tidak hanya pada kegiatan pengiriman dan penerimaan barang, tetapi juga mencakup 21 jenis kegiatan di bidang logistik. Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan jasa ini adalah :

  • Penyimpanan barang atau produk
  • Sorting
  • Packing
  • Penerbitan dokumen
  • Klaim

Perusahaan yang menyediakan jasa atau forwarder ini pada umumnya dapat menjalankan kegiatan operasionalnya secara mandiri. Meski begitu, masih ada beberapa forwarder yang harus bekerja sama dengan pihak ketiga agar sarana dan prasarana yang diperlukan dapat terpenuhi.

Baca juga :  Lionel Express Cabang Cimone dan Buncit Mas: Buka Resmi!

Jenis Usaha Freight Forwarder

Perusahaan penyedia jasa ini atau yang disebut dengan forwarder di Indonesia sendiri terbagi menjadi 3 kategori atau jenis, lebih detailnya berikut ini adalah ketiga jenis forwarder tersebut:

Forwarder Internasional

Jenis forwarder ini termasuk dalam bisnis logistik kelas A. Ini karena forwarder internasional dapat memberikan layanan lengkap untuk berbagai kebutuhan pelanggan. Beberapa kebutuhan seperti pengiriman produk antar negara, penerbitan FIATA B/L secara mandiri sehingga berbagai fasilitas infrastruktur yang mendukung kegiatan pelayanan tersebut dapat terpenuhi.

Forwarder Domestik

Domestik forwarder mempunyai cakupan wilayah yang hampir sama dengan international forwarder karena bisa melakukan pengiriman antar negara. Namun, tidak semua jenis forwarder ini memiliki izin untuk mengeluarkan FIATA B/L.

Forwarder Lokal

Untuk jenis ketiga, terdapat forwarder lokal dimana forwarder jenis ini hanya dapat melakukan pengiriman dan penerimaan barang dalam cakupan wilayah lokal. Meski begitu, forwarder lokal tetap memiliki akses untuk mengelola EMKA, EMKL dan EMKU

Manfaat Freight Forwarder Bagi Bisnis Perusahaan

Memiliki perusahaan forwarder sendiri setidaknya dapat memberikan 5 keuntungan bagi berbagai usaha dan bisnis. Berikut beberapa keuntungan yang diberikan oleh jasa Freight Forwarder ke berbagai jenis usaha dan bisnis :

Membuat Freight Forwarder Menjadi Praktis Dan Efisien

Dengan adanya layanan yang diberikan pihak forwarder kepada pelaku usaha akan membuat proses Freight Forwarder atau produk usaha menjadi lebih praktis dan efisien. Disini, perusahaan yang menggunakan jasa forwarder tidak perlu bingung lagi dalam mengatur tata cara Freight Forwarder agar bisa sampai ke client. Karena semua urusan yang berhubungan dengan pengiriman sudah ditangani oleh pihak ekspedisi.

Dan apabila perusahaan yang menggunakan jasa forwarder memiliki kegiatan usaha ekspor-impor, maka forwarder akan menangani dokumen yang dibutuhkan. Jadi disini perusahaan pengguna jasa hanya perlu fokus menyiapkan strategi bisnis dan segala urusan Freight Forwarding atau produk akan diurus langsung oleh pihak forwarder.

Baca juga :  Lionel Cargo Mengucapkan Selamat Menjalani Ibadah Puasa 1442 H / 2021

Bisa Kirim Barang Dalam Jumlah Banyak

Jasa Freight Forwarder dapat membantu usaha atau bisnis yang mengirimkan barang dalam jumlah besar atau banyak. Dengan begitu usaha atau bisnis tidak perlu membuang banyak waktu, tenaga dan uang secara sia-sia.

Waktu Pengiriman Bisa Lebih Cepat

Manfaat selanjutnya yang dapat diberikan dengan adanya perusahaan forwarder kepada kliennya adalah dapat memberikan durasi waktu pengiriman yang lebih singkat. Dengan adanya layanan ini maka waktu atau durasi pengiriman dapat dipangkas secara signifikan dibandingkan dengan kegiatan pengiriman secara mandiri.

Dapat Mengirimkan Berbagai Jenis Barang

Jasa Forwarder sendiri menyediakan jasa pengiriman berbagai jenis barang mulai dari bahan makanan hingga bahan baku produksi perusahaan manufaktur. Tentu saja cakupan jasa pengiriman untuk perusahaan ini lebih luas dibandingkan dengan perusahaan jasa pengiriman biasa.

Layanannya Cocok Untuk Perusahaan E-Commerce Dan UKM

Perusahaan ekspedisi atau pengiriman barang ini menawarkan jasa pengiriman yang sangat cocok bagi Usaha Kecil yang berbisnis menggunakan e-commerce.

Terutama bagi yang mengirimkan barang dari atau luar negeri. Umumnya pengiriman lintas negara akan melibatkan banyak pihak, mulai dari jumlah operator, legalitas hingga dokumen yang dibutuhkan.

Namun dengan menggunakan jasa forwarder, Freight Forwarding atau produk dapat dijamin sampai ke tujuan sesuai tanggal yang telah disepakati. Di sini, pelaku UKM bisa menegosiasikan biaya pengiriman yang paling ekonomis sehingga bisa lebih hemat biaya.

Fungsi dari Layanan Jasa Freight Forwarder

Fungsi dari jasa Freight Forwarder ini antara lain sebagai berikut :

  • Bertindak sebagai EMKL, pelayaran, jasa kepabeanan dan jasa pengiriman door to door
  • Bertindak sebagai pelaku atas perintah dari pihak yang membutuhkan pengiriman barang ke tempat lain
  • Sebagai penggerak barang muatan yang harus memiliki alat angkut
  • Sebagai perantara antara pengirim barang, pengangkut dan penerima barang
Baca juga :  Mengirim Barang Berbahaya: Tips Pengiriman Aman

Jenis Jasa Freight Forwarder Melalui Lionel Express

Di bawah ini adalah beberapa jenis kegiatan yang termasuk dalam jasa Freight Forwarder. Berikut ini Jenis Jasa Freight Forwarder Melalui Lionel Cargo:

  • Bagian penerimaan
  • Bagian penyimpanan
  • Bagian sortir atau sortir barang
  • Bagian packing atau pengepakan
  • Pengukuran dimensi bagian pengepakan
  • Bagian penimbangan kemasan
  • Bagian kelengkapan dokumen administrasi
  • Bagian dari penerbitan dokumen transportasi
  • Bagian klaim untuk asuransi pengangkutan
  • Bagian perhitungan tarif angkutan
  • Porsi pelunasan tagihan dan beban tarif lainnya

Dan dengan menggunakan jasa Freight Forwarder melalui Lionel Cargo, semua kebutuhan pengiriman barang bisa lebih cepat sampai ketempat tujuan dengan tepat waktu. Pengirim dan penerima juga dapat melacak kiriman dengan mudah melalui website maupun aplikasi Lionel.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *