Sebaiknya jika anda hendak mengirim produk ada baiknya perhatikan cara pengemasannya. Apalagi jika mengirimkan paket yang isinya makhluk hidup. Terutama jenis ikan yang masih hidup seperti ikan hias. Baik itu pengiriman ke daerah yang jauh atau dekat pengemasan sangat penting untuk diperhatikan. Terutama jika anda menggunakan jasa pesawat, anda perlu tahu cara kirim ikan hidup via pesawat agar pesanan anda bisa sampai dengan aman.

Cara Kirim Ikan Hidup via Pesawat & Hal Penting Yang Harus Diketahui

Sebenarnya pengiriman ikan hidup via pesawat ini agak ribet dan memerlukan proses yang lama, karena harus melewati banyak proses pengecekan. Dalam proses pengecekanya, kami sarankan untuk membawa dua jenis ikan yang sama, tujuanya sebagai tes pengecekan ikan berjenis sama dengan yang akan dikirim harus dibelah dan di tes, apakah ikan tersebut sehat atau tidak.

Maka penting untuk anda membawa ikan cadangan, bila tidak bisa-bisa ikan anda yang akan dikirim yang dibelah. Alhasil ikan akan mati dan anda harus mencari ikan pengganti. Tentunya hal ini sangat merugikan. Dengan mengetahui cara kirim ikan hidup via pesawat anda bisa mencegah hal tersebut.

Sebelum anda mengirim ikan hidup lewat pesawat anda sebaiknya memperhatikan beberapa hal, dimana hal tersebut bisa mempermudah proses pengiriman nantinya. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan berikut diantaranya.

Kebijakan Berat Minimal

Hal pertama yang harus anda perhatikan ketika ingin mengirim ikan hidup lewat pesawat, tentunya anda harus memperhatikan berat paket. Kebijakan berat minimal kiriman spesial cargo yang nantinya anda gunakan untuk mengirim ikan. Disini anda akan diminta untuk membuat Surat Muatan Udara. Dimana harus anda miliki sebelum mengirim barang, dan kebijakan dari surat tersebut ada harus menyertakan berat minimal barang. Berat minimalnya adalah 10 kg.

Baca juga :  Jasa Pengiriman Furniture Murah Layanan Berkualitas Bukan Murahan

Biaya Surcharge

Ini adalah biaya pengiriman. Pada dasarnya agar barang sampai ditujuan dengan aman maka diperlukan pengaman yang lebih. Apalagi jika barang yang ingin anda kirimkan makhluk hidup, apalagi itu ikan. Karena itu dibutuhkan pengamanan yang khusus hal ini bertujuan agar ikan tidak bercampur dengan barang lainnya.

Mengurus Surat Karantina

Anda sebagai wirausaha tentunya juga wajib mengurus surat karantina. Jenis kategori special cargo seperti ikan dan tanaman hias membutuhkan surat karantina sebagai surat jalan. Hal ini bertujuan sebagai surat jalan sebagai persyaratan untuk pengiriman ikan dan tanaman hias di luar pulau.

Kerapian dan Ketepatan

Hal yang perlu diperhatikan terakhir adalah ketepatan dan kerapian pengepakan. Anda harus memperhatikan media yang digunakan sebagai pengepakan untuk media yang akan dikirim. Hal ini bertujuan agar kondisi ikan tetap aman. Penting juga untuk mengkondisikan ikan tentunya ini bertujuan agar nutrisi tetap terpenuhi selama proses pengiriman.

Tips Mengirim Ikan Hidup dengan Aman dan Selamat Sampai Tujuan

Selain hal penting dalam proses pengiriman ikan hidup, anda juga perlu tahu cara umum dalam prosesnya. Cara ini bisa anda gunakan baik dalam jarak pengiriman jauh atau dekat. Sebagai saran, sebaiknya memperhatikan siapa yang menjadi jasa pengiriman. Pastikan jasa pengiriman tersebut sudah berpengalaman dan memiliki banyak tanggapan baik dari para penggunanya.

Kondisi Ikan

Sebelum anda mengirim ikan, sebaiknya anda memperhatikan kondisinya. Apabila ikan anda sakit sebaiknya sembuhkan terlebih dahulu agar tidak memparah penyakitnya. Apalagi, ikan sakit tidak bisa lolos dari surat karantina.

Puasa

Hal ini bertujuan agar ikan tidak buang kotoran di kantong atau wadahnya. Selama hal itu tidak terjadi maka amoniak tidak tinggi dalam wadah sehingga ikan tidak mati saat di perjalanan.

Baca juga :  Jasa Pengiriman Mobil Antar Pulau yang Praktis

Packaging

Kegiatan packing ini juga sangat penting dalam proses pengiriman ikan hidup. Makin besar wadahnya maka semakin banyak oksigen yang bisa diberikan, sehingga ikan bisa bertahan lebih lama di perjalanan. Jika anda menggunakan plastik sebagai wadahnya, maka sebaiknya anda dobeli agar menghindari kebocoran akibat sirip atau gigi ikan. Anda juga bisa menggunakan styrofoam agar ikan bisa lebih aman saat ada benturan di perjalanan.

Obat

Sebagian wirausaha peternak ikan hias, sering menggunakan obat penenang atau pereda stres. Hal ini bertujuan agar meminimalisir tingkat stress pada ikan

Penutup

Sebagian pengirim, sebaiknya memberikan garansi death on arrival. Karena kita tidak akan tahu bagaimana kondisi ikan setelah sampai ditempat tujuan. Garansi ini biasanya diberikan ketikan ikan telah sampai dan diunboxing berupa video tanpa cut.

Itulah cara umum yang biasanya banyak digunakan oleh wirausaha untuk mengirim ikan hidup dalam jangkauan dekat maupun jauh. Hal dan cara umum tersebut bisa anda perhatikan ketika ingin melakukan pengiriman ikan hidup melalui pesawat.

5 Proses Cara Kirim Ikan Hidup via Pesawat

Kembali ke topik utama yakni Cara untuk kirim ikan hidup via pesawat. Sudah dikatakan tadi kalau proses pengiriman ikan melalui pesawat ini akan berjalan lebih ribet dan lama. Namun, jika anda kepepet dan harus menggunakannya maka anda harus memperhatikan caranya. Berhubungan dengan itu kami telah menyiapkan Cara kirim ikan hidup via pesawat yang aman untuk anda, antara lain:

1. Bawa Sample Ikan

Cara kirim ikan hidup via pesawat yang harus anda lakukan adalah mendatangi badan karantina di bandara untuk membuat sertifikat. Nah, disini ikan cadangan anda yang akan berperan. Anda harus membawa ikan sampel yang satu jenis dan satu kolam dengan ikan yang akan dikirim. Nantinya ikan tersebut akan di bedah, nantinya sertifikat akan jadi sekitar 3-5 hari.

Baca juga :  Jasa Pengiriman Motor Antar Pulau Jalur Darat dan Laut yang Terpercaya

2. Pesan Cargo

Anda bisa pesan tempat di cargo pesawat lewat hotline. Anda bisa menggunakan maskapai apapun. Nantinya akan ditanya berat barang kiriman dan informasi mengenai ikan yang anda kirim.

3. Ambil Sertifikat

Cara kirim ikan hidup via pesawat yang ketiga, yakni setelah sertifikat jadi, anda bisa segera mengambilnya.

4. Ambil Surat Pengantar

Saat anda ingin mengirimkan sesuai dengan booking tiketnya, juga harus membawa ikan yang akan dikirim tersebut ke badan karantina lagi untuk pengecekan kebenarannya. Namun tenang saja, karena prosesnya hanya sebentar. Disini anda juga akan diberi surat pengantar, kemudian bisa bawa ke cargo untuk dikirim.

5. Bawa Ikan ke Jasa Cargo

Cara kirim ikan hidup via pesawat yang kelima, anda bisa segera bawa ke cargo sesuai pesawatnya. Lalu, serahkan tiket masuknya, dan hanya tinggal menyebutkan nomor bookingannya saja. Setelah itu ikan akan dicek kembali, kemudian akan dipacking rapi.

Nah, ikan sudah dikirim ke pembeli dan akan sampai dengan aman di tempat tujuan. Memang prosesnya sedikit lebih merepotkan dari proses pengiriman lainya. Namun, hal ini tentunya untuk menjaga sang ikan agar bisa sampai di tempat tujuan dengan aman.

Jadi itulah, hal-hal penting dari cara kirim ikan hidup via pesawat. Dengan memperhatikan hal dan cara diatas maka paket ikan hidup milik anda akan sampai dengan aman di tempat tujuan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda dalam pengiriman paket hewan hidup.

Bagi anda yang saat ini tengah mencari jasa kirim ikan hidup via pesawat terbaik dan terpercaya, anda berada di tempat yang tepat. Lionel Cargo siap membantu anda. Klik tombol dibawah untuk berkonsultasi cepat dengan tim kami.

 

WA Lionel Cargo

 

 

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com